Business Management

Berencana punya usaha? Udah baca entri soal content management & planning? Well karena gua berenccana bantu kasih tips buat orang orang yang usaha (meski gua belum jadi pakar di dalamnya), kali ini gua bakal bahas sedikit tentang dasaaaar banget. 

Manajemen Bisnis 

Apasih Manajemen Bisnis itu?

Well, secara singkat, bisnis dalam ilmu ekonomi berarti "kegiatan jual beli untuk menghasilkan uang". Yang bisa dijual disini bukan cuma barang/produk. Tapi juga jasa. Sedangkan manajemen menurut nichonotes adalah "sebuah proses dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja secara bersama sama dengan orang - orang dan sumber daya yang dimiliki organisasi."

Manajemen bisnis adalah salah satu bidang ilmu yang mempelajari bagaimana suatu bisnis dijalankan dengan memperhatikan aspek-aspek manajemen didalamnya agar bisnis tersebut berjalan secara optimal dan efisien. 

Menurut gua, hal-hal terpenting ketika lu menjalankan bisnis adalah lu harus memperhatikan hal-hal ini:
1. Manajemen keuangan
2. Manajemen produksi
3. Manajemen penjualan

Ketika bisnis sudah mulai berjalan, kita harus mulai memikirkan hal-hal lebih lanjut agar bisnis bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Apalagi dengan penggunaan internet di era informasi ini, semakin banyak hal yang harus di-manage seperti:
1. Manajemen informasi
2. Manajemen rantai suplai
3. Manajemen komunikasi
4. Manajemen resiko
5. Manajemen konten

Nanti kita bahas satu persatu ya :) sekalian buat isi blog. 

terimakasih

Setelah lama ngeblog, gua gapernah tau siapa aja yang sebenernya ngefollow blog gua dan ngebaca blog gua dari awal sampai akhir. Yah paling ada beberapa orang sih yang bener-bener ngikutin dari awal sampai sekarang ini. Sisanya mungkin random dan datang entah darimana. 

Jadi, gua mau mengutarakan semacam terimakasih. Terimakasih karena udah jadi pembaca setia blog gua dan terimakasih udah mau baca celotehan gua. 

Mungkin gua sering bilang kalo gua ga habis pikir kenapa ada aja orang yang terus-terusan baca blog gua karena gua menganggap celotehan gua tidak terlalu menarik dan menghibur dibandingkan celotehan blogger-blogger lain yang notebene lebih handal dalam berkosa kata. Yaa, gaya penulisan gua pun sebenernya ga baru. Kalo kata temen gua waktu sma sih, "not new but fresh". Fresh darimana gatau, tapi memang cara mengutarakan isi pikiran seorang Anwar itu.... biasa banget. 

Ada beberapa entri yang harus gua hapus, karena memang udah ga kompatibel dengan jamannya. Entri itu ditulis saat Anwar masih muda (yelah padahal baru bbrp tahun lalu). Satu dan lain hal mengubah cara pikir Anwar si sang idealis pemimpi menjadi entahlah apalah sekarang, tapi yang pasti sih...lebih realistis. Semoga ya. 

Jadi kepanjangan. Udalah. Intinya gua cuma mau bilang makasih. 
Makasih ya :)

itu ajasih

What do you want to do when you get older?

Ketika menua, gua berharap hari tua gua adalah bisa duduk di teras pake sarung sambil minimal ngeliatin kebun, atau kalau mampu dari rumah istirahat yang jauh dari kota. Itu ajasih. 

Last day on earth

Asumsikan bahwa besok adalah hari terakhir bumi, dimana lusa bumi bakal kiamat. Kinda terrifying right? Apa yang bakal lu lakukan?

Well, kalo gua.... Mungkin bakal banyak doa. Lalu meminta maaf kepada semua orang (seperti yang mungkin akan dilakukan semua orang. Bayangkan, berapa ratus maaf yang akan lu terima saat itu), dan banyak menghabiskan waktu sama orangtua. Ngobrol, sujud di kakinya, dan lagi-lagi.. Meminta maaf.

Sebenernya nulis ini gaenak sih. Karena gua jadi membayangkan situasi aslinya.

Diluar itu, mungkin dunia bakal chaos. Orang-orang akan berseliweran di jalan. Yang jauh jadi dekat. Mungkin mereka akan kumpul di lapangan dan menangis, meratapi dosa-dosa mereka. Beberapa orang mungkin akan menganggap bahwa hari itu semua dosa dihalalkan dan mereka bertindak sesukanya. Beberapa lagi mungkin akan sangat ketakutan dan memojokkan diri di sudut ruangan, berselimut, menangis, dan gemetar. Mereka ga memikirkan kapan terakhir kali mereka makan, lagu apa yang jadi lagu kesukaan. I believe most people will be terrified.

Pasti ada sih, yang melalui hari terakhir bumi dengan pesta pora dan senang senang.

Kemudia gua jadi mikir. Apakah hari terakhir lebih baik dihabiskan dengan bersenang-senang? APakah dengan meratapi dosa-dosa dan berharap diampuni? Di hari itu kemungkinan pintu taubat sudah tertutup. Dan apalah yang akan jadi penolong kita saat itu.

Ya, mungkin yang seharusnya dilakukan adalah soal hal-hal yang membuatmu bahagia. Ngobrol dengan keluarga, tertawa lepas, obrolan apapun selama itu berlanjut dan bermutu, itu membahagiakan buat gua.

Wallahualam.

dibalik nama

Jadi mau mulai blogging lagi, semoga konsisten ya haha.
So, kali ini gua bakal menceritakan sesuatu dibalik pemilihan nama blog gua: anwarsays.blogspot.com.

Blog ini dibuat kalo ga salah sekitar tahun 2007 atau 2008, dan internet pada masa itu memang masih terbatas. Gua inget, ngenet itu cuma dan hanya cuma kalo lagi ada tugas sekolah. Internet masih merupakan barang tersier, yang gabisa sehari-hari ditemui. HP jaman itu masih nokia 5310 kalo ga salah, bisa dipake internetan tapi sekedar browsing dan fesbukan. Facebook juga masih merupakan barang baru, generasi yang lebih mutakhir dari Friendster dan Myspace.

Friendster, merupakan sosial media pertama yang gua punya. Jaman itu bukan w2w, tapi testi testian. Testi pertama gua dari si eis, yang notabene ngebikinin gua FS. Mau FSan juga ke warnet di deket mancur, namanya TARGET kalo ga salah. Perjamnya 5rb. Seringkali gua nontonin doang temen temen FSan sebelum les di daerah situ juga, di BTA8. Kadang temen yang bosen suka ngasih sisa billing internetnya buat gua pake haha.

Myspace, tempatnya download lagu indie dan somehow gua gatau entah kenapa, tapi banyak banget anak emo di myspace. Jaman itu emang lagi booming boomingnya emo dan scene sejenis itu sih. ga lama hypenya ganti jadi screamo dan metal. bareng sama generasi punk rock, pop punk dsb. Download lagu itu buat ditaro di mp3 player (yang sekarang entah kemana). Kapasitasnya cuma 128 mb dan cuma muat beberapa lagu. Kalo mau banyak ya mesti dicompress dulu tapi bakal ngorbanin kualitas lagu tsb. Ribet ya haha. Sekarang mah denger lagu boro boro didownload. streaming all the time.

Kembali kepada alasan kenapa blog gua namanya anwarsays. Simpel ajasih. Isinya perkataan anwar aja disini. Dan kalo lu liat jauh ke post post gua sebelumnya, blog ini jadi sedikit lebih bermutu...semoga...

Visi kedepannya?
Well. semoga bisa konsisten nulis sih. Minimal sebulan. Biar bisa mewujudkan cita-cita untuk jadi penulis.