Postingan

pay it forward

Pernah nonton film "Pay It Forward"?
Singkatnya, film itu memaparkan ide untuk merubah dunia menjadi tempat yang lebih baik.

The world sucks, we all know it. Kita sebenarnya gapernah punya hal yang namanya "free will" karena semua hal berkonsekuensi baik itu konsekuensi langsung maupun implikasi. Prediksi kita akan sesuatu hal gapernah bisa 100% akurat, terutama kalau udah melibatkan orang lain. Kita cuma bisa menerka-nerka kecenderungan. Sisanya, ya banyak faktor x yang mempengaruhi konsekuensi atas sesuatu hal yang kita ambil. Niat baik gapernah 100% menghasilkan sesuatu yang baik, pasti ada aja minus dan hal hal unpredictable disana sini.

Kembali ke "Pay it forward", ide di film itu intinya: lakukan hal baik ke 3 orang setiap hari, bilang ke orang itu buat nerusin kebaikan itu ke 3 orang lain. Idenya keren, tapi manusia adalah makhluk paling egois yang pernah ada di mukua bumi. Ide itu cuma akan jadi sebatas ide dan mati.

Anyway, let's not losing f…

craving for perfection

Buat yang belum tau, well gua punya usaha kecil kecilan, namanya Hibrkraft. Udah cukup tua sih usaha ini, tapi ya namanya "kerajinan tangan" yang dimulai dengan modal dengkul, naiknya pelan, perlahan, tapi gua gamau mundur. 
Usaha ini gua rintis sejak 2011, mulai jadi brand taun 2013, dan gua fokus terjun sepenuh hati sejak 2016. 
Usaha itu tantangannya banyak. Kalau pekerjaan lu enak dan lu pengen usaha, baiknya pikir lagi. Lu bakal ketemu banyak hal yang harus lu hadapi dan lu harus siap menerima kenyataan bahwa usaha itu sulit. Lebih sulit dari sekedar absen tiap hari dan lakukan hal yang jadi rutinitas. 
Selama jalanin Hibrkraft, ga terasa udah ribuan buku beredar di tangan orang yang berbeda. Gua pribadi sejujurnya belum pernah buat statistiknya soal buku mana yang paling laku, buku mana yang paling disukai, buku mana yang paling sepi. But, hey. That's the point of surprise, right?
Sekarang ini, Hibrkraft udah punya beberapa pegawai lepas yang bisa dipanggil sewaktu…

Memilih teman

Di umur yang seperempat abad ini, gua mulai banyak berpikir tentang relasi dan pertemanan. Ada yang bilang umur 19-30an adalah masa masa dimana kita bakal banyak menemukan "temporary people". Dan ya tampaknya memang seperti itu. Orang-orang yang kita temui di masa itu kemungkinan besar merupakan kolega kantor, kenalan di sebuah meeting dan sejenisnya. Orang orang yang menjaga relasi dengan asas manfaat dan guna.

Di umur tersebut, banyak orang berlomba-lomba membangun relasi dengan tujuan mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dari relasi tersebut. Memperluas koneksi cenah. Seseorang berkenalan dengan anda memiliki maksud dan tujuan agar suatu hari ada hal yang bisa didapat dari anda, dan sebaliknya. Kalau kita menerapkan hal tersebut kepada keseharian kita, apa yang kita dapat?

Jaga jarak. Lu bakal dilupakan.

Di dunia profesi (sejauh yang gua alami, iya gua tau gua masih bau kencur di dunia pekerjaan), ketika si A berkenalan dengan si B, yang pertama kali mereka tawarkan adal…

sedang produktif

yay. menerapkan tema baru di blog gua hahaha. Setelah dilihat lihat, tampaknya gua mulai harus berbenah blog. Bukan cuma blog sih sebenernya, tapi juga berbenah hidup. Terus terang gua merasa kurang produktif setahun belakangan ini.

Mungkin kalo gua menerapkan 100% effort gua, gua bakal punya achievement yang jauh lebih besar dari sekarang.

Amin

Business Management

Berencana punya usaha? Udah baca entri soal content management & planning? Well karena gua berenccana bantu kasih tips buat orang orang yang usaha (meski gua belum jadi pakar di dalamnya), kali ini gua bakal bahas sedikit tentang dasaaaar banget. 

Manajemen Bisnis 
Apasih Manajemen Bisnis itu?
Well, secara singkat, bisnis dalam ilmu ekonomi berarti "kegiatan jual beli untuk menghasilkan uang". Yang bisa dijual disini bukan cuma barang/produk. Tapi juga jasa. Sedangkan manajemen menurut nichonotes adalah "sebuah proses dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja secara bersama sama dengan orang - orang dan sumber daya yang dimiliki organisasi."
Manajemen bisnis adalah salah satu bidang ilmu yang mempelajari bagaimana suatu bisnis dijalankan dengan memperhatikan aspek-aspek manajemen didalamnya agar bisnis tersebut berjalan secara optimal dan efisien. 
Menurut gua, hal-hal terpenting ketika lu menjalankan bisnis adalah lu harus memperhatika…

terimakasih

Setelah lama ngeblog, gua gapernah tau siapa aja yang sebenernya ngefollow blog gua dan ngebaca blog gua dari awal sampai akhir. Yah paling ada beberapa orang sih yang bener-bener ngikutin dari awal sampai sekarang ini. Sisanya mungkin random dan datang entah darimana. 
Jadi, gua mau mengutarakan semacam terimakasih. Terimakasih karena udah jadi pembaca setia blog gua dan terimakasih udah mau baca celotehan gua. 
Mungkin gua sering bilang kalo gua ga habis pikir kenapa ada aja orang yang terus-terusan baca blog gua karena gua menganggap celotehan gua tidak terlalu menarik dan menghibur dibandingkan celotehan blogger-blogger lain yang notebene lebih handal dalam berkosa kata. Yaa, gaya penulisan gua pun sebenernya ga baru. Kalo kata temen gua waktu sma sih, "not new but fresh". Fresh darimana gatau, tapi memang cara mengutarakan isi pikiran seorang Anwar itu.... biasa banget. 
Ada beberapa entri yang harus gua hapus, karena memang udah ga kompatibel dengan jamannya. Entri itu…

itu ajasih

What do you want to do when you get older?
Ketika menua, gua berharap hari tua gua adalah bisa duduk di teras pake sarung sambil minimal ngeliatin kebun, atau kalau mampu dari rumah istirahat yang jauh dari kota. Itu ajasih.