tentang sesaat sebelum malam


Entri ini ditulis beberapa waktu yang lalu sebelum entri ini dipublish.

Well, suatu hari pernah ada yang nanya ke gua, “lu lebih suka fajar atau senja?” dan spontan gua nyeletuk senja segera setelah gua ngebayangin lembayung merah di ufuk barat.

Setelah gua pikir pikir lagi, gua emang bener bener suka sama senja ternyata. Banyak orang yang lebih suka fajar ; sejuk, bikin semangat, menyegarkan. Tapi buktinya ga ada yang menikmati fajar, sedangkan gua sangat menikmati senja. Hahahahaha

Saat senja tuh segala sesuatu jadi keliatan melankolis, muka orang orang senja jauh lebih teduh daripada muka orang orang pagi yang kasar. Mungkin karena di senja hari semua orang sudah melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan, memanusiakan dirinya dan membuat dirinya bermanfaat untuk lingkungan, untuk keluarga, atau bahkan hanya untuk dirinya sendiri.

Sedangkan muka orang orang pagi cenderung kasar, pertama karena tenaga masih full terisi, dan mereka ada kepentingan yang harus mereka penuhi. Entah itu bekerja, belajar, belanja atau bahkan ya merasa dirinya penting aja. Orang orang pagi itu lebih mudah marah, sedangkan orang orang senja cenderung lebih tenang.

Orang orang senja itu kalem, lebih murah senyum, sedangkan orang orang pagi jutek dan kerjaannya baca koran, liat jam, smsan. Orang orang senja juga lebih dermawan, memberikan tempat duduk untuk orang tua, menghabiskan koin ke pengamen. Orang orang pagi itu sikut sikutan, semua serba rebutan, siapa cepat dia dapat, kepentingan mereka adalah kepentingan yag paling penting dan persetan bagi mereka yang lambat.

Makanya, gua sangat menikmati saat saat senja, matahari tidak lagi terik, semilir angin darat menerpa wajah, semuanya serba hangat, semuanya serba tenang. Tidak dikejar waktu dan target, semua keliatan menikmati.

Apakah anda sedemikian sibuk sehingga tidak pernah merasakan indahnya senja? Atau anda hanya menutup mata?

Komentar

Pos populer dari blog ini

tentang horor di smanti

beberapa alasan saya melepas UI

mengenal ksatria zaman medieval (pertengahan)