climbing equipment (peralatan untuk pendakian)

Correct me if I'm wrong. Comments for question or critics etc. Regards

Mau bahas materi yang agak berbobot dikit ah~ hahaha

Peralatan rock climbing, ternyata ga sekedar kernmantel, carabiner, webbing, prusik carabiner atau sebagainya. Ternyata masih banyak, mengingat seringkali pembuat alat-alat pendakian melakukan pengembangan sendiri-sendiri. Pengembangan ini menghasilkan alat yang lebih beragam lagi dan lagi dan lagi. Tapi gua bakal coba memberi contoh gambar alat-alat yang (hampir) semuanya dibuat oleh gear4rocks.

Dulu, alat-alat rock climbing cuma tali serat, carabiner, sama piton. Namnu lama-kelamaan manusia mencari tantangan baru dan melakukan inovasi-inovasi terhadap pendakian sehingga alat-alat seperti camm, nut, terlahir dan digunakan secara luas.

vintage climb gear
Kernmantel, rope, atau kita bilang tali panjat aja deh. Ada yang statis ada yang dinamis. Diameternya juga beragam, dan ada yang bisa kita bilang prusik. Prusik umumnya dipakai untuk aid climbing, sebagai alat bantu dalam beberapa kondisi khusus.

kernmantel
Carabiner, dulu banyak digunakan olehpemadam kebakaran, lalu diadopsi untuk kepentingan pendakian sampai sekarang. Umumnya carabiner memiliki kekuatan 22-23 kilo newton di mayor axisnya. Dan minor axisnya sendiri, minimal piton harus kuat mengatasi beban 800 newton. 

D-Carabiner Screw Lock
Figure Eight, belayer. Prinsip kerja utama dari alat ini sebenarnya memberikan friksi tambahan pada tali sehingga saat tali bergerak dengan tiba-tiba dan bersamanya terbawa beban berat, maka friksi akan membantu meringankan kerja tangan sehingga tali lebih mudah dihentikan. 

Figure Eight
Piton, alat climbing yang menurut gua pribadi paling keren. Hahaha.  Piton ada beragam jenis dan klasifikasinya, namun fungsinya sama, sebagai pengaman. Semua alat climbing ya emang buat pengaman sih sebenernya mah. Piton ada berbagai ukuran dan bahan tergantung fungsinya. 
Piton, set of 16
Hook/Anchor. Cara pakenya dilempar siuuuut ctok nyampe dah di batu. Buat apa ya, pijakan mungkin buat step selanjutnya jadi lebih gampang. Gua bingung menarasikannya nih -___-

Hook/anchor
Nuts, fungsinya sebagai pengaman, yang diletakkan di celah-celah patahan tebing. Nuts sama hexes sejenis. Cuma beda bentuknya aja. Nuts lebih ke besi solid, hexes kaya pipa gitu. Berikut contoh nuts dan penggunaannya 

nuts
Runner, screamer, atau boleh dibilang 2 karabiner digabungin sama webbing yang dijatit. Jadinya buat perpanjangan dari piton/nut/hexes/cams, yang bakal ngasih jarak antara lu dan tebing. Atau kalo mesti mengaitkan cepat cepat ke dalam tali/piton via traversing. Akan lebih mudah kalo pake alat ini

runner
Crampon. Penggunaannya jarang kalo di Indonesia mah, cuma yang mau ke puncak ndugu ndugu aja yang nyari beginian. (Dulu ndugu ndugu lebih dikenal dengan nama cartenz's pyramid). Fungsinya buat mijak di es

crampon

Camms, fungsinya sama kaya nuts/hexes cuma kalo ini buat di celah yang kebawah melebar, atau bahkan datar. relatif lebih mahal soalnya liat aja bentuknya ribet gitu

camms
Ada macem macem sih, masih banyak lagi. Tapi nanti gua buat pdfnya aja kali ya -___- semoga bermanfaat :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tentang horor di smanti

beberapa alasan saya melepas UI

mengenal ksatria zaman medieval (pertengahan)