between polish cavalry and german tanks

Kalo ada negara yang paling tragis nasibnya selama Perang Dunia 2, maka gua ga bakal nyebut Jepang, apalagi Perancis. Bukan Jepang yang dengan keangkuhannya akhirnya kalah dan di bom atom sama amerika. Bukan Perancis yang dengan maginot fortificationnya, bukan Inggris dengan Royal Air Forcenya, bukan Itali dengan Regia Marina nya, bukan semua itu.

Buat gua Polandia merupakan negara yang nasibnya paling tragis selama PD 2. Jerman nyerang Polandia tanpa pernyataan resmi, jadi Polandia sama sekali ga punya kesempatan untuk menghimpun kekuatan dan menyusun pertahanan. 

Perancis dan Inggris yang menyatakan perang ga lama setelah Jerman menginvasi Polandia, ga memberi bantuan secara real, dan yang ada Perancis malah digulung sama Jerman. Ga lama Jerman menginvasi Polandia, Soviet dateng dari sebelah Timur. Polandia terjepit, dan ga ada yang menolong. 

Taktik perang yang masih primitif, bawaan dari zaman PD 1 ngebuat strategi tempur statis Polandia bukan tandingan buat tentara Jerman yang ngebawa strategi perang modern saat itu : blitzkrieg (perang kilat). 

Mereka ga punya temen, mereka gapunya peralatan yang memadai, mereka cuma punya harga diri yang mereka junjung tinggi, lebih baik mati daripada kehilangan harga diri. Dalam suatu pertempuran, tentara Polandia ngelawan tank tnak baja Jerman pake tombak besi, dan mereka tetep melawan meskipun tahu semua itu mustahil. Against all odds

Bandingin deh sama Jepang, yang bunuh diri ketika tau mereka pasti kalah. Amerika yang lebih baik nyerah. Perancis yang melarikan diri, Yugoslavia yang mengkhianati rakyatnya sendiri. Polandia paling berani. Am i Right?

Komentar

kalo dari perang badar sih umat muslim yang paling berani.
-anwar- mengatakan…
perang badar muslim dibantu malaikat kan? ohoho jangan subjektif karena kita muslim loh..
mungkin prajurit polandia bodoh kalo mereka gabisa dibilang berani
iya sih hahaha.. berani + nekat + ga mikir juga sebenernya.

Pos populer dari blog ini

tentang horor di smanti

beberapa alasan saya melepas UI

mengenal ksatria zaman medieval (pertengahan)