how to conquer europe

Hahaha ini gua ngebahas perang ya. jarang jarang gua ngebahas perang. tapi di game ini nyaris realistik loh. Btw, nama gamenya Civilization 4. Agak seru dan emang seru buat gua, karena di game ini lu ngatur banyak aspek, bukan cuma bikin bangunan trus ngirim pasukan trus perang. Sains, perdagangan, populasi, kesehatan, agama, dan lainnya merupakan aspek yang mesti di pikirin dalam game ini.

bukti, gua masih punya 4753000 tentara

To the point. Gua berhasil menguasai eropa di game iini, bahkan mengalahkan soviet. Di akhir perjuangan gua buat menaklukan soviet, gua masih punya hampir 5 juta tentara. Buktinya ada diatas noh ^. Dan gua punya wilayah seluas lebih dari sejuta kilometer persegi.

Ada banyak kesalahan hitler di zaman perang dunia 2. Beberapa sangat krusial.

Pertama. Saat nyerang prancis, Hitler ga buru buru ngehabisin tentara Inggris, Perancis, dan lainnya yang lari ke arah Belanda. Malah dibiarin pergi. Padahal tentara yang lari itu yang nantinya bakal nyerang lagi Jerman (D-Day).

Kedua. Hitler kurang ulet menghadapi Inggris. Inggris punya angkatan Udara terkuat saat itu setelah Jerman, dan padahal hampir kalah. Jerman cuma bertahan 8 hari, padahal kalo ditambah beberapa hari lagi, Inggris bakal mandul dan operasi Sealowe (pendaratan ke Inggris) bakal terwujud)

Ketiga. Hitler terburu nafsu nyerang soviet. Kalo mau menghabisi soviet, maka beresin dulu perang di sebelah barat. pastiin eropa barat udah musnah. Nah ini Hitler belom beres di Barat, trus Itali berulah (btw, mental tentara Itali emang payah), udah nambahin masalah baru pake nyerang Soviet.

Keempat. Korps Afrika ga penting sebenernya. Mau afrika habis sama amerika sebetulnya itu tanggung jawab Itali. Seharusnya.


Nah, gua mengubah beberapa strategi Hitler. Gua mengawali perang dunia 2 dengan Polandia. Ini masuk akal, dulu Jerman pun mengawali dengan nyerang polandia karena Polandia (bener bener) melawan tank baja Jerman dengan tombak besi. Hahahaha. Berikutnya Perancis, lalu austria-Hongaria. Istirahat sejenak buat menghimpun kekuatan, baru melancarkan operasi Barbarossa (buat naklukin soviet) dengan mulus.

Armada bomber gua ga gua habisin buat ngehancurin British, karena strategi British itu defensif. Cukup menempatkan pesawat fighter di selat Inggris dengan jumlah yang memadai, Inggris gabisa apa apa. Bomber semua gua pusatkan di Brussel, buat ngebombardir pertahanan Soviet. Blitzkrieg ala Anwar : 1. mencari tau lahan musuh dan penempatan tentara mereka pake pesawat pengintai. 2. Bombardir pake artillery. 3. Bombardir pake bomber berat. 4. Tank-tank medium buat nembus pertahanan. 5. Tank berat kemudian disusul prajurit darat.

Paratrooper (pasukan terjun payung) ga efektif di Soviet. Karena Soviet bukan negara kepulauan, tapi land mass nya emang wah banget. Hitler ngebagi 3 divisi buat naklukin Soviet, gua ngebagi 5. Dua divisi buat ke arah murmansk, 2 buat Moskow, satu buat menduduki kota-kota kecil. Pertahanan Moskow yang katanya merupakan pertahanan terkuat di dunia, tujuh lapis barrier dan general winternya ternyata ga berarti apa-apa. Duduki Soviet di musim panas, dan di setiap musim dingin berarti membangun pertahanan (berjaga-jaga kalo Soviet nyerang balik)

Mulus, tahun 1940, Eropa ada di genggaman gua. Tinggal Baltik, Ottoman, sama Austria Barat. Cetek

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tentang horor di smanti

beberapa alasan saya melepas UI

mengenal ksatria zaman medieval (pertengahan)