untung Indonesia dijajah

Di era modern kaya gini kolonialsme udah ga terlalu zaman ya? Tapi bukan berarti udah ilang loh. Kolonialisme modern masih terjadi di negara-negara kepulauan Pasifik. Atau bahkan bisa disebut terjadi dalam bentuk yang lain kaya penindasan secara ekonomi dan lainnya.

Sejauh yang gua tau, penjajahan (kolonialisme) beda dengan pendudukan. Gua merasa istilah "penjajahan jepang" perlu diralat, dan lebih baik diganti dengan istilah "pendudukan Jepang". Oh, well mari kita bandingkan aja.

Belanda bercokol di Indonesia (katanya) selama 350 tahun, tapi 350 tahun itu di Batavia doang, di kerajaan-kerajaan lain di Indonesia nyaris beda-beda waktunya. Bukan berarti Indonesia dijajah selama 350 tahun kan? Apa Indonesia hanya Batavia? Atau orang-orang Batavia mewakili seluruh bangsa besar ini?

Nah poin berikutnya adalah, Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut. Istilah ini juga menunjuk kepada suatu himpunan keyakinan yang digunakan untuk melegitimasikan atau mempromosikan sistem ini, terutama kepercayaan bahwa moral dari pengkoloni lebih hebat ketimbang yang dikolonikan. Saat Jepang dateng, Jepang merebut kekuasaan, menduduki koloni yang dimiliki Belanda (Indonesia). Karena lagi dalam keadaan perang, maka Jepang bertindak "kejam". Menurut gua wajar sih, toh dalam keadaan perang. Inget peristiwa Timor Timur? Bagi rakyat Timor Timur sekarang, Indonesia itu penjajah loh. Nah, kita selalu menampik bahwa kita pun penjajah.

Sebenernya beruntung sih negara bodoh ini pernah dijajah. Semasa penjajahan Belanda, kita jadi tahu pentingnya pendidikan, dan pembangunan infrastruktur dari zaman Belanda banyak yang amsih berdiri sampai zaman sekarang kan? Seandainya sekarang kita masih dijajah Belanda, yang notabene memiliki kesadaran akan korupsi dan keteraturan lebih tinggi (JAUH lebih tinggi daripada Indonesia), bukan ga mungkin kita jadi bangsa yang disegani di Asia, bahkan dunia. Yah ruginya emang masih dibalik bayang bayang nama Belanda sih. Semasa penjajahan Jepang, kita tahu apa itu arti perjuangan. Jepang mengajarkan kita secara tidak langsung untuk berani melawan. Untuk berani bangkit dan berjuang. Bandingkan dengan zaman sekarang deh, generasi satu tangan. Hahaha

Jika para penjajah ga pernah dateng ke Indonesia, kita semua masih negara kerajaan yang saling bermusuhan, mudah diadu domba dan dibuai kekuasan. Indonesia ga akan pernah terwujud, yang ada cuma negara Jawa, Negara Aceh, dan lainnya. Dan mungkin kah yang nanti dibilang bangsa penjajah adalah orang orang Majapahit? Who knows.

Sejarah ditulis oleh para pemenang, bukan orang-orang yang kalah,

Tidak ada komentar: