Usaha: kerja santai?

So, mungkin sebagian besar udah tau kalo gua ada usaha sampingan, namanya "hibrkraft". Bisa diliat di Instagram, facebook, dan boleh dibaca juga blognya di wordpress. Masih kecil kecilan, dan omzetnya jg masih 10jtan lah. Itu kotor, belum dibagi bagi buat ini itu.

Banyak orang pengen usaha karena keliatannya enak. Ga terikat waktu, ga disuruh suruh. It is, enak emang. Ga terlalu banyak aturan karena ternyata self paced. Kita harus memacu diri sendiri. Tapi, semakin jalan ternyata gua sadar bahwa memang banyak yang harus dikerjakan. Sangat banyak.

Mengatur konten postingan, preview, foto, caption, memasarkan. Dll. Hal hal kaya gitu yang gua kira ga menyita waktu ternyata ngabisin beberapa jam dalam hidup buat utek utek hp aja. Oh god. Seru emang, tapi jadinya banyak hal yang terlupakan.

1. Membuat pembukuan. Ternyata arus masuk keluar dana ga semudah yang dibayangkan. Banyak hal sering terlewat. Sering nombok, sering hal ga tercatat dan akhirnya terlupakan. Membukukan keuangan sendiri ternyata pekerjaan yang butuh ketelitian. At least dua hari sekali nyatetin di buku kas dan ngetik di file accounting, ternyata berat jg dilakukan sendirian.
2. Nyari referensi. Dunia berkembang dengan cepat. Informasi beredar. Tren selalu berubah. Pilihannya; mencoba mengikuti atau tergilas. Terus menerus buka profil orang, ngebuka referensi, baca teknik baru, nyari tempat belanja dan sebagainya, bukan hal yang mudah. Apa bisa hal hal itu masuk otak semuanya? Bbrp hal menarik lalu terlupakan, akhirnya keos lagi. Sulit pak.
3. Secara managerial waktu, gua pribadi belum efisien. Apa gua harus ngebuat jadwal harian untuk ngebuat rutinitas tsb? Misal:
Senin: waktunya ngecek postingan, share ini itu
Selasa: ngepos di ig full day
Rabu: ngecek tulisan di wordpress
Dst dst dst.

Bekerja dari rumah bukan hal yang bagus. Terlalu banyak distraction. Bagaimana mengaturnya agar ada waktu seminggu dua kali mampir ke kafe atau taman cuma buat ngentri. Seru kan. Butuh budget. Kapan bisa teratur?
4. Investasi dan pengembalian. Hibrkraft bulan ini pinjem dana buat investasi. Dan gua pusing memikirkan pengembalian. Bulan ini impactnya harus besar. Bagi waktunya harus oke. Dan sejenisnya.

Usaha itu mudah? Pikir lagi bro. "Gua mendingan usaha". Kalo yakin, lu harus siap hidup lu hampir 24 jam mikir usaha, ngembangin usaha, nyari orderan dsb.

Lu punya banyak channel buat ngerjain? Its okay. Tapi ketahuilah, yang penting dari usaha bukan siapa yg mau ngerjain. Banyak. Yang penting adalah: akan ada order apa ngga. Pusing mau ngerjain dimana dan oleh siapa akan kalah sama "pusing gaada order". Terimalah. Hadapilah.

Semangat! Hup hup hup

Komentar

Pos populer dari blog ini

tentang horor di smanti

beberapa alasan saya melepas UI

mengenal ksatria zaman medieval (pertengahan)