Jangan Sombong

Cause and impact.

Yah, belakangan gua baca artikel tentang penciptaan alam semesta. Teorinya sih yang paling bisa diterima yaitu soal Big Bang. Dan kalo dikorelasikan dengan agama (=Islam), maka mungkin makin bisa diterima.


Teori Big Bang didasarkan kepada kenyataan bahwa segala sesuatu di alam semesta bergerak saling menjauhi satu sama lain dalam cakupan ruang yang tercipta. Disini bukan berarti ada ruang lalu si bintang, galaksi, planet, nebula dan lain sejenisnya bergerak saling menjauh dalam sebuah ruangan sangat besar (karena Maha Besar hanya milik Tuhan), tapi bergerak sambil menciptakan ruang baru, dan baru, dan baru, seperti tesseract tapi berekspansi. Ibaratnya, ada sebuah ruangan, tapi ruangannya bertambah volumenya secara eksponensial, dan segala sesuatu di dalam ruangan itu bergerak menjauh tanpa mengalami pertambahan dimensi dan volumenya (well, at least sejauh ini yang gua cerna sih seperti ini, gua juga ga punya pemahaman mendalam soal hal ini). Karena segala sesuatu di alam semesta bergerak saling menjauh, maka kalo digaris mundur, semua hal lainnya kembali kepada...titik, bukan titik, atau sesuatu yang memiliki kepadatan tidak terhingga. Atau kalo istilahnya, singularity.

Skala jarak dan waktu dalam alam semesta, menurut gua, unimaginable. Berapa sih rata rata lifespan manusia hidup? taruhlah 65 tahun. dibanding skala waktu alam semesta, ini cuma sekejap mata aja. Alam semesta yang diketahui manusia sejauh ini berumur kurleb beberapa belas milyar tahun. Soal jarak, kebayang ga jauhnya Senen-Bekasi (hehehe). Tapi bayangkan jarak itu di skala Bumi. Kecil kan? apalagi di skala alam semesta. Kita ga ada apa apanya dibanding semua hal gigantis itu.

Yah, banyak hal hal yang tidak terbayangkan lain, yang mana gua sendiri gabisa menjelaskannya dengan kata-kata. Intinya adalah: kita bukan siapa siapa, kita bukan apa apa. Jangan pernah merasa spesial.

Jangan sombong.

Komentar

Pos populer dari blog ini

tentang horor di smanti

beberapa alasan saya melepas UI

mengenal ksatria zaman medieval (pertengahan)