Sekilas tentang bahasa internasional

So, gua diskusi sama calon istri gua, Sonia Sahara, dan dia bertanya kenapa Bahasa Inggris (US) jadi bahasa internasional. Pertanyaan yang menarik sebenernya. Mungkin banyak juga orang yang bertanya tanya tentang hal sejenis dan teori ini sebenernya udah banyak banget di Internet. Gua coba memaparkan berdasarkan teori dan nalar gua pribadi sebagai Anwar, yang awam di bidang literasi dan linguistik (meski mencoba mempelajari).

Jadi, kenapa Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional? Kenapa Inggris US? 
Gua punya beberapa teori pribadi soal itu. 

Sebenernya dunia sudah beberapa kali memiliki bahasa yang dipakai luas (jika bukan bahasa internasional) sejak dulu. Seperti pada puncak kejayaan romawi, hampir di setiap belahan kekuasaan Romawi memakai bahasa Romawi. Yang gua tau pernah jadi bahasa luas kalo ga salah bahasa romawi, latin, arab, dan modern ini Bahasa Inggris. 

Pertama. Negara Inggris, memiliki banyak koloni di berbagai belahan bumi (yang sekarang disebut negara persemakmuran/commonwealth) hampir di setiap benua, Inggris memiliki koloni dan otomatis Bahasa Inggris menjadi bahasa yang dominan. Bahasa Inggris menjadi bahasa yang familiar di belahan bumi yang pernah dikolonisasi oleh Inggris

Kedua. Bahasa Inggris memiliki kosakata yang banyak dan terus bertambah. Bahasa Inggris berkembang dengan sangat cepat. Hal ini berarti, adalah sangat fleksibel dan mudah untuk menyamakan persepsi terhadap suatu hal, baik dimanapun, dan oleh siapapun. 

Ketiga, banyak literatur, penemuan baru, inovasi, dan hal hal ilmiah yang ditulis menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini berarti: jika ingin maju dan mempelajari sesuatu, maka bisa berbahasa Inggris adalah hal yang wajib. Seperti waktu banyak buku yang ditulis menggunakan Bahasa Arab pada masa kekhalifahan. Semua kemajuan dan ilmu pengetahuan, ditulis dengan Bahasa Arab, dan jika ingin maju, maka kita harus mempelajari Bahasa Arab (note: pada masa itu, Eropa berada di masa Dark Ages/jaman kegelapan dari ilmu pengetahuan). 

Terakhir, Bahasa Inggris memiliki grammar yang relatif mudah dipelajari dibanding bahasa lain, meski bukan yang paling sederhana. (Note 2: bahasa paling sederhana yang pernah diciptakan manusia adalah Bahasa Esperanto)

Lalu, kenapa Bahasa Inggris US yang menjadi bahasa internasional? Bukan Inggris UK?

Bahasa, lebih cepat berevolusi di negara asal daripada negara koloni. Jadi jika kamu ingin tahu seperti apa bahasa asli suatu negara, lihatlah di negara eks koloni(jajahan)nya. Di negara asalnya, bahasa akan cepat berkembang bahkan bisa sangat berbeda dalam kurun waktu beberapa puluh tahun saja. Cek ilustrasi berikut:
sumber: 9gag.com
Atau, mari lihat Bahasa Indonesia. Banyak kosakata dan gaya bahasa yang sangat berbeda dari Bahasa Indonesia di Jakarta dan di daerah. Jika kalimat seperti "lu masih ngutang sama si Andi? Cingcay lah" di Jakarta adalah hal yang sangat umum dan mudah dimengerti (meski tidak baku), di daerah kalimat tersebut akan dicapkan "kamu masih punya hutang ke si Andi? Tenang saja lah". Bahasa Indonesia, bahasa pemersatu bangsa. 

Bahasa Inggris UK yang sekarang ini dengan dialek dan cara pengucapannya, tadinya merupakan bahasa yang dipakai kaum bangsawan di negaranya. Seperti jika kita lihat pergeseran dialek di FTV. Mungkin, mungkin, entah kapan, pergeseran bahasa ini akan semakin kontras, sekontras Bahasa Inggris UK dan internasional (US). 

Singkatnya sih begitu, cukup panjang lah buat entri yang ditulis dadakan. 
Semoga bermanfaat :)

Cek blog lain saya di http://hibrkraft.wordpress.com/

Komentar

Pos populer dari blog ini

tentang horor di smanti

beberapa alasan saya melepas UI

mengenal ksatria zaman medieval (pertengahan)