Business Management

Berencana punya usaha? Udah baca entri soal content management & planning? Well karena gua berenccana bantu kasih tips buat orang orang yang usaha (meski gua belum jadi pakar di dalamnya), kali ini gua bakal bahas sedikit tentang dasaaaar banget. 

Manajemen Bisnis 

Apasih Manajemen Bisnis itu?

Well, secara singkat, bisnis dalam ilmu ekonomi berarti "kegiatan jual beli untuk menghasilkan uang". Yang bisa dijual disini bukan cuma barang/produk. Tapi juga jasa. Sedangkan manajemen menurut nichonotes adalah "sebuah proses dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja secara bersama sama dengan orang - orang dan sumber daya yang dimiliki organisasi."

Manajemen bisnis adalah salah satu bidang ilmu yang mempelajari bagaimana suatu bisnis dijalankan dengan memperhatikan aspek-aspek manajemen didalamnya agar bisnis tersebut berjalan secara optimal dan efisien. 

Menurut gua, hal-hal terpenting ketika lu menjalankan bisnis adalah lu harus memperhatikan hal-hal ini:
1. Manajemen keuangan
2. Manajemen produksi
3. Manajemen penjualan

Ketika bisnis sudah mulai berjalan, kita harus mulai memikirkan hal-hal lebih lanjut agar bisnis bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Apalagi dengan penggunaan internet di era informasi ini, semakin banyak hal yang harus di-manage seperti:
1. Manajemen informasi
2. Manajemen rantai suplai
3. Manajemen komunikasi
4. Manajemen resiko
5. Manajemen konten

Nanti kita bahas satu persatu ya :) sekalian buat isi blog. 

Komentar

Pos populer dari blog ini

tentang horor di smanti

beberapa alasan saya melepas UI

mengenal ksatria zaman medieval (pertengahan)